Tips mengatasi tanah yang sedang disewa diakui milik pihak ketiga

Bagi anda yang melakukan transasi sewa tanah namun ada pihak ketiga yang mengganggu dan mengaku bahwa tanah tersebut miliknya maka perlu dilakukan beberapa tindakan dari pihak pemilik tanah. Tak jarang pihak ketiga yang mengau tersebut meminta anda untuk meninggalkan tanah yang sudah anda sewa tersebut sehingga bisa merugikan anda. Bila sudah demikian maka perlu dilakukan tips mengatasi tanah yang sedang disewa diakui milik pihak ketiga sehingga akan diketahui kejelasan hak milik tanah tersebut.

Tips Atasi Tanah yang Disewa Diakui Milik Pihak Ketiga

Dalam transaksi sewa menyewa perlu adanya persetujuan pihak-pihak yang berkaitan dalam kurun waktu tertentu. Selain itu sewa menyewa juga menimbulkan kesepakatan pembayaran yang harus dibayarkan oleh pihak penyewa sehingga bisa memperoleh hak sewa tanah tersebut. Perlu anda ketahui bahwa dalam KUH Perdata tidak dijelaskan bahwa menyewakan barang milik orang lain sifatnya menjadi batal. Sedangkan dalam jual beli jika barang yang dijual merupakan milik orang lain maka perjanjian akan batal.

Namun jika ternyata dalam masa menyewa tanah tersebut ternyata ada pihak ketiga yang menganggu pihak penyewa dalam menikmati tanah yang disewa maka pihak penyewa berhak menuntut adanya pengurangan harga sewa senilai kerugian atas gangguan tersebut. Untuk mengatasi adanya gangguan tersebut maka sebaiknya anda memberikan bukti berupa dokumen resmi kepemilikan tanah tersebut. Selain itu anda harus meminta bukti dari pihak ketiga tersebut mengenai bukti yang mereka miliki hingga akhirnya mereka mengakui kepemilikan atas tanah tersebut.

Selain itu, datangkan saksi-saksi yang mengetahui kebenaran atas kepemilikan tanah tersebut supaya bukti yang anda miliki semakin kuat. Bila perlu anda bisa menggunakan jasa pengacara supaya permasalahan tersebut cepat selesai dan tidak merugikan pihak penyewa. Bila pihak penyewa merasa dirugikan maka anda harus siap memberikan sejumlah ganti rugi yang besarannya sesuai dengan kerugian yang mereka alami dengan adanya gangguan tersebut.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai tips untuk mengatasi adanya pihak ketiga yang mengaku pemilik tanah yang sedang dalam masa sewa. Melalui penjelasan di atas kini anda tak perlu khawatir saat menyewakan tanah sebab jika dokumen yang anda miliki lengkap dan sah maka ketika ada gangguan dari pihak ketiga bukan menjadi sebuah ancaman yang menakutkan.

Pajak serta hukum tanah yang nganggur selama beberapa tahun untuk dijual