Tips mengatasi anak remaja yang hobi main game download mod apk

Memiliki remaja yang kecanduan permainan dari perangkat mereka sering membuat orang tua kehilangan pikiran untuk menghentikan mereka. Kemajuan teknologi dan kemudahan mendapatkan perangkat dengan harga rendah sering menjadi kambing hitam dari permainan bermain kecanduan remaja. Bagaimana cara mengurangi atau bahkan menghentikan kecanduan? Anda dapat melakukan lima langkah sederhana ini sebagai solusi:

  1. Batasi penggunaan perangkat

Membatasi penggunaan perangkat adalah hal mutlak yang perlu dilakukan orang tua agar remaja tidak selalu berinteraksi dengan orang pintar yang selalu memberikan kemudahan. Membatasi penggunaan perangkat jauh lebih baik dilakukan sejak anak masih pada usia dini. Meminimalkan bermain online akan mencegah anak-anak “tersedot ke dunia lain”.

  1. Buat Perjanjian

Buat kesepakatan tentang waktu untuk menggunakan perangkat. Misalnya, ketika anak-anak masih di bawah lima tahun, mereka hanya diizinkan untuk menonton film selama maksimal satu jam setiap hari. Ketika anak-anak di sekolah dasar, mereka dapat menonton maksimal dua hari dengan durasi satu jam. Penggunaan perangkat untuk tujuan mengerjakan tugas didampingi oleh orang tua. Saat memasuki usia remaja, penggunaan perangkat dibatasi hingga jam 8:00 malam.

Berbagai perjanjian antara orang tua dan anak dapat disesuaikan dengan kondisi dan manfaat menggunakan perangkat itu sendiri.

  1. Perjanjian kontrak

Ketika sebuah kesepakatan diabaikan oleh seorang remaja, orang tua harus membuat kontrak perjanjian penggunaan dengan remaja tersebut. Kontrak itu berisi perjanjian tertulis yang merinci apa yang harus dilakukan remaja. Penjelasan rinci dalam perjanjian kontrak juga termasuk hadiah dan hukuman untuk anak.

  1. Perhatikan pembelajaran

Saat ini, banyak sekolah yang menerapkan pembelajaran online dan membutuhkan perangkat. Tonton ketika anak-anak belajar melalui perangkat. Apakah anak sepenuhnya menggunakan perangkatnya untuk belajar atau diselingi dengan bermain game. Atau bahkan lebih banyak bermain game daripada belajar melalui perangkat.

  1. Komunikasi dengan guru

Jika kebiasaan bermain game telah menjadi candu yang sangat sulit dikeluarkan dari kehidupan sehari-hari anak-anak baik di rumah maupun di sekolah, maka orang tua perlu berkomunikasi dengan guru. Mintalah bantuan dari guru di sekolah untuk mengatasi masalah kecanduan permainan. Ketika seorang remaja dalam permainan, biasanya akan mempengaruhi penampilannya di sekolah.

Banyak yang memang orang sukses dari bermain game. Namun lebih sering terdengar, banyak dari para gamer yang mengalami kecanduan setelah bermain game untuk waktu yang lama. Kebiasaan lama duduk dan berkonsentrasi pada layar ponsel atau komputer akan memiliki efek buruk pada kesehatan dan perkembangan emosional kecuali dibatasi dan diatasi dengan benar.

Manfaat positif bermain game untuk anak yang perlu anda ketahui download mod apk