Cara menghitung biaya balik nama sertifikat perumahan Palembang

Apakah Anda sedang membeli rumah di Palembang? Dan apakah itu rumah bekas? Perlu diketahui proses pembelian rumah bekas dan baru sedikit berbeda. Salah satu yang berbeda adalah adanya prosedur balik nama sertifikat. Rumah tersebut sebelumnya milik orang lain, tentunya agar menjadi milik Anda secara sah harus melalui proses balik nama sertifikat. Nah, pada artikel kali ini akan memberikan

Aturan, Prosedur, dan Syarat Balik Nama SHM

Adapun langkah-langkah yang Anda lalui ketika melakukan balik nama SHM, berikut ini langkah-langkah tersebut

  1. jika langkah pertama ini di lewatkan, sertifikat rumah tidak bisa dibalik nama. Anda harus melakukan penandatanganan akta jual beli dan penjual rumah, saksi dan PPAT juga harus menandatangani. Di hadapan PPAT atau pejabat pembuat akta tanah, kedua belah pihak, penjual dan pembeli rumah menandatangani akta jual beli.
  2. PBB, BPHTB, PPh harus sudah di bayar lunas. Penjual rumah harus melunasi PPh, sedangkan Anda pembeli harus melunasi BPHTB.
  3. Kedua belah pihak yang bertransaksi melunasi pembayaran akta jual beli pada PPAT yang di Di mana Anda melakukan penandatanganan akta.
  4. Serahkan berapa berkas seperti sertifikat rumah asli, KTP penjual dan pembeli rumah, akta jual beli yang telah di tanda tangani, bukti-bukti pelunasan pajak PPh dan BPHTB. Semua berkas tersebut akan di bawa oleh PPAT ke BPN untuk akhirnya proses balik nama sertifikat rumah dapat di lakukan.
  5. Anda akan mendapatkan sertifikat baru dengan nama Anda setelah 2 Minggu paling cepat. Tetapi sekarang ini sekitar 1-2 bulan.

Menghitung Biaya Balik Nama Sertifikat

Dari paparan 5 langkah balik nama, banyak alur yang mengharuskan kita membayar. Baik membayar pajak maupun aktanya sendiri. Lalu sebenarnya berapa yang harus kita bayar, yuk hitung bersama-sama

Ternyata biaya balik nama sertifikat rumah berbeda-beda. Biaya di hitung berdasarkan ZNT atau zona nilai tanah. Jika Anda membeli rumah di mana di tempat tersebut nilai tanah mahal, tentu akan memakan biaya lebih banyak. Selain itu BPN juga memberikan harga balik nama bergantung pada lokasi atau tempat rumah berada dan jumlah transaksi yang Anda lakukan.

Nah itu tadi informasi mengenai proses dan biaya balik nama sertifikat rumah. Jika Anda telah menyiapkan semua berkas, mengikuti semua alur balik nama dengan baik, tentu semua prosesnya akan cepat selesai.

Perbedaan beli perumahan Palembang secara Tunai Keras dengan Tunai Bertahap dan KPR