Cara menghindari kecanduan bermain game secara berlebihan

Bermain game memang merupakan hal yang mengasyikkan. Terutama di era canggih seperti sekarang, di mana dua atau lebih pemain yang berjauhan bisa saling bersaing dengan menggunakan koneksi internet. Jumlah jenis permainan yang tersedia di luar sana membuat lebih mudah bagi seseorang untuk menemukan permainan yang sesuai dengan minat mereka.

Meski seru, bermain game juga memiliki dampak negatif. Ketika seseorang sudah terhanyut dengan atmosfer dalam permainan, dia menjadi pelupa dan tidak ingin melakukan aktivitas lain.

Yang menarik dari rencana pembaruan WHO ini adalah kecanduan bermain game juga akan dimasukkan dalam rancangan daftar dengan menggunakan permainan istilah gangguan (game play). Untuk membedakan kelainan ini dari penggemar permainan biasa, Organisasi Kesehatan Dunia memiliki tiga kriteria khusus.

Kriteria pertama adalah pasien dengan kelainan permainan cenderung tidak dapat membatasi waktu yang dihabiskan untuk bermain game. Kriteria kedua adalah bahwa pasien menganggap gaming adalah hal yang paling penting dan mengabaikan aktivitas sehari-hari mereka. Dalam kriteria akhir, intensitas pasien yang bermain game terus meningkat meskipun ia telah menerima dampak negatif.

Menurut para ahli, rencana untuk memainkan kelainan game akan dimasukkan dalam kategori kelainan karena perilaku adiktif. Contoh penyimpangan lain yang juga termasuk dalam kategori ini adalah kecanduan bertaruh atau ludomania. Nah, jika Anda kebetulan hobi bermain game untuk melupakan diri sendiri, ada baiknya mulai mengurangi hobi Anda sedikit demi sedikit sebelum berkembang menjadi terlalu parah.

Tips bermain Real Racing 3 game MOD APKĀ